Jumat, 07 Februari 2014

Antisipasi Budaya Asing yang Masuk


Dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan untuk antisipasi dampak budaya asing:
1.    Menyeleksi dan menyaring nilai-nilai budaya asing
Nilai-nilai budaya asing yang sesuai dengan bangsa kita dapat diserap sehingga akan memperkaya nilai budaya bangsa kita, sedangkan yang kita tinggalkan untuk itu, hal-hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
a.       Meningkatkan kesetiaan kita kepada ideologi nasionalisme (pancasila)
b.      Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong
c.       Mengenali dan mengembangkan nilai seni budaya.
2.    Memlihara dan mengembangkan kebudayaan nasional
Memelihara dan mengembangkan budaya nasional sebagai jati diri bangsa dengancara mengirimkan misi kebudayaan kesenian dari suatu daerah keluar negeri. Selain itu, dapat dilakukan dengan menayangkan dan menyiarkan kebudayaan dan kebudayaan nasioanal melalui berbagai media, mengadakan seminar membahas kebudayaan daerah sebagai budaya nasioanal, serta pelestarian dan pewarisan juga pewarisan daerah yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan bangsa.
3.    Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa

Dalam rangka membangun masyarakat yang adil dan makmur yang tetap berkpribadian indonesia, kita harus tetap beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Dalam menjalani tuntunan era globalisasi, kita tetap mampu berdiri kokoh sebagai bangsa dengan ideologi dan pandangan hidup nasional yang tangguh serta kebudayaan nasional yang luhur.

0 komentar:

Posting Komentar